Cubaan Itu Berakhir Indah  

Posted by lakaransakinah

Kebahagiaan adalah anugerah Allah yang diberikan kepada kita karena senantiasa bersyukur sekalipun kita sedang mendapat ujian, begitulah yang saya sampaikan kepada seorang bapak yang sore itu mampir ke Rumah Amalia. Di dalam perjalanan hidupnya mengarungi bahtera rumah tangga selama delapan tahun, mempunyai keluarga yang utuh, tiga anak yang manis, materi yang berlimpah. Sungguh anugerah yang tak terkira. 

Namun ujian itu hadir justru tidak disangkanya. Seminggu setelah istrinya menjalani dinas keluar kota, terasa sikap istrinya mulai berubah. Gelisah dan selalu menghindari tatapan matanya. Ditepisnya segala prasangka buruk sampai kemudian dikejutkan dengan kenyataan bahwa sang istri mengatakan kepada dirinya sudah tidak cinta lagi bahkan meminta cerai. Ucapan itu seolah menusuk sampai ke ulu hatinya. 

Berbalut kegelisahan yang tak tertahankan. Beliau hadir di Rumah Amalia dan bertanya, 'Apa yang sebenarnya terjadi Mas Agus? Apakah Allah sedang marah kepada saya?' Saya sampaikan bahwa sesungguhnya Allah sedang menunjukkan kasih sayangNya dengan adanya ujian tersebut. Maka saya mengajaknya untuk berdoa bersama, mengadu, menangis, memohon ampunan, kesabaran dan ketenangan hati hanya kepada Allah. Dan Allah sungguh Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Ditengah ketidakpastian masa depan rumah tangganya dan nasib sang buah hati, Beliau diberi ketenangan batin dalam menghadapi ujian. Allah menghilangkan kepedihan perlahan-lahan sehingga bisa memandang hidup ini dengan perasaan yang lebih optimis, berusaha memberikan kasih sayang yang lebih besar kepada anak-anak dan istrinya juga mampu lebih berserah diri kepada Allah. Enam bulan kemudian, Allah menunjukkan harapan yang lebih baik. Rumah tangganya lebih tenteram. Beliau bersama istri dan anak-anaknya telah sepakat untuk membina rumah tangga yang lebih baik. Cobaan itu berakhir dengan indahnya. Maha Suci Allah, Maha Kuasa Allah, Tolaklah bala' dengan doa.

'Obatilah orang yang sakit dengan sedekah, bentengilah harta kalian dengan zakat dan tolaklah bala' dengan doa' (HR. Baihaqi).

Wassalam,

This entry was posted on Wednesday, November 24, 2010 at 10:58 AM . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 comments

Post a Comment