Kemudahan Dalam Hidup  

Posted by lakaransakinah in

Ketika kita menghadapi kesulitan dalam hidupnya niscaya berusaha mencari jalan pemecahannya. Dalam hal ini ada yang tetap memperhatikan nilai-nilai kebaikan, tetapi ada juga yang menghalalkan segala cara. Menurut Alquran, sesulit apapun keadaan, jika dalam pemecahan masalah itu mengikuti jalan ketaqwaan, niscaya Allah akan memberikan jalan keluar yang aman, dan bahkan didijamin akan memperoleh rizki dari jalan yang tidak disangka-sangka. 'wa man yattaqillah yaj 'al lahu makhraja wa yarzuqhu min haytsu la yahtasib (QS / 65:2).

Ayat ini berhubungan dengan problem keluarga. Dalam problem bangsa atau masyarakat luas, sumberdaya alam menjadi tidak relevan dengan kemakmuran, jumlah peralatan menjadi tidak relevan dengan kesuksesan dalam pekerjaan. Menurut Alquran hal ini disebabkan dicabutnya keberkahan pada diri kita.

Keberkahan adalah terkumpulnya kebaikan ilahiyyah pada sesuatu, pada seseorang, pada suatu waktu, pada suatu tempat, sehinggga nikmat Allah terdayaguna secara optimal. Menurut Alquran, hilangnya keberkahan itu berkaitan dengan perilaku masyarakat yang tidak lagi mencerminkan iman dan taqwa adalah kejujuran, tanggung jawab, amanah dan keadilan. Jika nilai-nilai tersebut diabaikan oleh masyarakat maka sumberdaya alam, sumberdaya manusia, dan sumberdaya lainnya tidak akan fungsional bagi kesejahteraan hidup bagi kita. Sebagaimana Firman Allah, 'Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi; tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat kami) itu; maka, kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.' (QS. al-A'raaf : 96).

Wassalam

This entry was posted on Monday, March 21, 2011 at 11:28 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 comments

Post a Comment